MENGHADIRI "MEDIA EXPERIENCE" DI UNIVERSITAS INDONESIA
(Jakarta, 09/12/2024)
Hari sabtu, tanggal 7 Desember 2024, Media Perfilman SMK Tamansiswa 1 Jakarta menghadiri acara "MEDIA EXPERIENCE". Acara ini merupakan event yang diselenggarakan oleh Produksi Media Universitas Indonesia, dan diselenggarakan di Auditorium Vokasi UI.
Acara ini merupakan gabungan dari berbagai aspek media. Seperti Film, Fotografi, dan Musik. Acara ini juga memiliki berbagai booth-booth yang menawarkan hal-hal menarik, seperti pameran interaktif, games, tebak film, hingga mini workshop dari media VOA Indonesia.
Acara ini memiliki tema “Find Innovation to Make Creation!”, yang memiliki arti bahwa Media Experience mengajak kita untuk menemukan inovasi dan menciptakan ide-ide baru yang berguna dalam menciptakan sesuatu karya nantinya. Acara ini juga memilliki event lomba fotografi, yang dinilai langsung oleh Darwis Triadi, seorang tokoh fotografi indonesia yang terkenal dengan hasil tangkapan gambarnya yang menakjubkan.
Puncak acara ini ada di bagian Talkshownya, yang narasumbernya dibawakan oleh Chandra Liow dan Andovi Da Lopez. Mereka membahas tentang pengalaman mereka dari awal membuat konten youtube di awal tahun 2009-2010, sampai menjadi salah satu konten kreator Youtube paling berpengaruh di Indonesia.
Andovi mengatakan, bahwa karir yang dicapainya berawal dari sifat “iseng” penasaran mereka dengan dunia content creation. Dia juga menjelaskan dengan cukup rinci, bagaimana awalnya dari hanya sekedar mahasiswa Hukum UI, sampai mencoba meng-upload video tugasnya di YouTube, platform yang saat itu masih sangat baru, dan jarang dikenal orang. Andovi meng-upload video konten yang berjudul “10 tips sukses masuk UI”. Tanpa disengaja, video itu malah mendapatkan sekitar 10 ribu views, angka yang bisa dibilang banyak pada masanya.
Namun, lebih dari satu dekade karir konten mereka pun tidak luput dari berbagai rintangan yang melanda. Saat ditanya tentang apakah mereka mempunyai kesusahan untuk tetap relevan di jaman yang terus berkembang ini, mereka menjawab iya. Tiap hari ada ribuan konten yang ter-upload di social media, dan pasti banyak sekali konten yang hanya merupakan pengulangan dari konten-konten yang ada. Menurut Andovi dan Chandra Liow, cara untuk tetap relevan di jaman sekarang adalah “originality”. Keaslian dan kekhasan konten mereka adalah kunci dari bagaimana mereka sampai sekarang masih saja relevan di dunia sosial media.
Saran mereka berdua kepada generasi yang lebih muda, bagaimana menjadi seorang content creator yang original dan khas adalah dengan mencari minat di diri sendiri. Minat dan bakat itu pasti ada di semua orang, hanya perlu dicari dan di olah dengan baik. Selain itu, mereka juga berkata untuk harus memperbanyak referensi, jangan hanya terpaku pada inspirasi yang itu-itu saja. Carilah referensi baru diluar kenyamanan kita.
Komentar
Posting Komentar